Senin, 21 Maret 2011

Pemikiran Filsafat Islam


Normal 0

Di zaman Socrates semua pemikiran sophisme dikritik, karena kebenaran telah di manipulasi, karena itu iya berusaha bahwa ada kebenaran yang universal. Lalu ia diberi hukuman mati karena itu, karena dianggap membahayakan masyarakat dengan menyebarkan paham yang bertentangan dengan Negara, menurut plato ada alam yang lebih sempurna yaitu alam mitsal/ideal, maka orang yang sudah sampai kesanalah yang bisa menjadi manusia sempurna dan menjadi raja, sedangkan aristoteles terbalik, aspek eksperimental lebih ditekankan. Dan semua ini diserap oleh filsafat islam. Bahkan banyak filosof muslim yang menganggap Socrates,plato dan aristoteles sebagai nabi.

filsafat masuk melewati ekspansi yang dibawa masuk ke daerah-daerah kekuasaan islam, akan tetapi ada di dalam ajaran-ajaran islam ada yang bersifat dhaurari yang tidak dapat diubah lagi. sedangkan filsafat bersifat polytheisme dalam tradisi yunani, sedangkan menurut ibn sina di dalam islam inti ajaran islam adalah tauhid. Sedangkan dalam tradisi filsafat yunani mustahil dari diri yang satu menciptakan makhluk yang beraneka ragam, akan tetapi dalam filosof muslim para filosof yunani belum melakukan pemikiran apa-apa terhadap ketuhanan, lalu akhirnya ibn sina menemukan teori emanasi dari Plotinus. Plotinus adalah seorang filosof Kristen yang mengkristenisasi filsafat yunani, teori ini digunakan sebagai bukti dari yang esa menuju yang banyak, untuk membuktikan tauhid.

Di dalam filsafat bukan menjadi permasalahn anda ini siapa akan tetapi anda harus mempertanggung jawabkan apa yang anda percayai, nalar bayani yaitu yang terfokus pada teks ini terjadi dalam ilmu kalam dan theology walaupun ada logika hanya untuk menang-menangan saja, lalu berkembang nalar burhani, tidak lagi terpaku pada teks tapi dikritisi dengan akal, lalu berkembang nalar irfani yang sudah masuk mistik kekuatan intuisi didalamnya. Filsafat tidak pernah menentukan kebenaran final tetapi selalu ada kritik terhadap kebenaran itu, maka dari itu philosophy adalah cinta kebenaran bukan memiliki kebenaran.

2 komentar to “Pemikiran Filsafat Islam”

  • 4 Mei 2011 pukul 05.59
    Sii Isni says:

    Kebenaran mahal harganya, karena itu banyak orang lebih suka menyembunyikannya.
    Jzkillah, ^^

    delete
  • 30 Mei 2011 pukul 07.29
    Levi Yamani says:

    syukron katsir

    delete

Posting Komentar

Five-Star Ratings Control

 

Levi Yamani Copyright © 2011 -- Template created by O Pregador -- Powered by Blogger