Jumat, 11 Maret 2011

Ideologi agama Yudaisme IV


IDEOLOGI AGAMA
MASYIYAKH (MESIAS)


IDE-IDE TENTANG MESIAS

keyakinan dasar bahwa pada akhir dunia yaitu kedatangan mesias merupakan bagian fundamental dari Yudaisme tradisional... ini adalah bagian dari 13 Prinsip Keimanan menurut MFaimonides sebagai persyaratan minimum kepercayaan Yahudi...

mesias dari kata "masyiyakh" yang berarti "yang diurapi" atau "yang diminyaki"... dalam tradisi Yahudi kuno, pengurapan amat penting bagi seseorang yang dilantik menjadi raja dengan cara pembaluran minyak di kepala oleh pemuka agama, sama seperti ketika Raja David diminyaki Nav Symu'el... namun istilah mesias menyempit menjadi "orang yang dipilih Tuhan memimpin Yahudi menuju kemenangan dan membebaskan dunia dari kejahatan menuju dunia baru"... tugas-tugas mesias terdapat dalam Syemoneh Esrey...

Syemoneh Esrey (Delapan Permohonan) adalah do'a yang diucapkan tiga kali sehari, yang semuanya bermakna untuk kedatangan mesias yaitu memohon: dikumpulkannya kembali orang Yahudi pasca pembuangan; dipulihkannya pengadilan agama; dihapuskannya kejahatan dan dosa; dimusnahkannya bid'ah (bidat/cult); ditunjukkannya kebenaran; dibangunkannya kembali Yerusalem Kudus; dipulihkannya kembali kerajaan David, dan dibangunkannya kembali Hekhal Syelomoh (Bait Allah)...

sarjana modern menyatakan bahwa konsep Mesias diperkenalkan kemudian dalam Yudaisme, selama usia para navi, mereka mencatat bahwa konsep Mesias tidak disebutkan secara eksplisit di bagian mana pun dalam Kitab Torah (5 Kitab Pertama Alkitab)...

namun, Yudaisme tradisional berpendapat bahwa ide mesias selalu menjadi bagian dari Yudaisme... para mesias itu tidak disebutkan secara eksplisit di dalam Torah, namun, Torah berisi beberapa referensi ke "Hari Akhir" (akharit ha-yamim) yang adalah waktu dari mesias akan datang menghakimi dunia...

arti mudahnya, mesias adalah orang yang dilantik menjadi raja dunia...

kata "masyiyakh" tidak berarti "juru selamat"... gagasan ini salah total... tidak ada ilahi manusia atau semi-makhluk ilahi lain yang akan mengorbankan dirinya untuk menyelamatkan kita dari konsekuensi dosa-dosa kita, itu murni konsep Kristen yang tidak mempunyai dasar dalam pemikiran Yahudi...

beberapa orang kafir mengatakan kepada bahwa istilah "masyiyakh" adalah berhubungan dengan istilah Ibrani "mosyi'ah" (penyelamat) karena suara mereka sama, tapi kesamaan ini tidak sekuat seperti yang muncul pada satu terbiasa dengan bahasa Ibrani...

kata Ibrani "masyiyakh" berasal dari akar "mem-syin-khet", yang berarti melukis atau mengurapi sedangkan kata "mosyi'ah" berasal dari akar "yod-syin-'ayin" yang berarti untuk membantu atau menyelamatkan... satu-satunya kesamaan akar adalah syin... "m" suara pada awal kata mosyi'ah (penyelamat) adalah prefiks yang umum digunakan untuk mengubah kata kerja menjadi kata benda... sebagai contoh, kata kerja "tsavah" (memerintah) menjadi "mitsvah" (perintah)...

ucapan bahwa "masyiyakh" adalah yang terkait dengan "mosyi'ah" hanyalah kemiripan ucapan belaka saja, keduanya berbeda dan mesias bukan juruselamat melainkan raja saja...

APA SAJA YANG MASYIYAKH LAKUKAN?

sebelum kedatangan masyiyakh akan ada peperangan dan penderitaan (Yekhezqel 38: 16), masyiyakh akan memimpin politik orang-orang Yahudi dengan membawa orang-orang Yahudi kembali ke Israel dan memulihkan Yerusalem (Yisyeyah 11: 11-12; Yirmiyah 23: 8; 30: 3; Hosye'a 3: 4-5), dia akan membentuk pemerintahan di Israel yang akan menjadi pusat dari semua pemerintah dunia, baik untuk orang Yahudi dan orang kafir (Yisyeyah 2: 2-4; 11: 10; 42: 1), dia akan membangun kembali Hekhal Syelomoh (Bait Allah) dan mendirikan kembali ibadah di sana (Yirmiyah 33: 18) dan dia akan memulihkan sistem pengadilan agama Bangsa Israel dan menetapkan hukum Yahudi (halakhah) sebagai hukum dunia (Yirmiyah 33: 15)...

OLAM HA-BA: DUNIA PASCA KEDATANGAN MASYIYAKH

dunia setelah mesias datang sering disebut dalam literatur Yahudi sebagai Olam Ha-Ba.. istilah ini dapat menyebabkan kebingungan, karena istilah ini juga digunakan untuk merujuk kepada kehidupan setelah kematian...

Olam Ha-Ba akan ditandai oleh ko-eksistensi damai dari semua orang (Yisyeyah 2:4), kebencian, intoleransi, dan perang akan lenyap... beberapa pejabat mengatakan bahwa hukum alam akan berubah, sehingga binatang-binatang buas tidak akan lagi mencari mangsa dan pertanian akan mendatangkan kelimpahan rezeki (Yisyeyah 11:6-11:9)... namun, yang lainnya mengatakan bahwa pernyataan-pernyataan ini hanyalah sebuah kiasan untuk perdamaian dan kemakmuran....

semua orang-orang Yahudi akan kembali dari pengasingan mereka di antara bangsa-bangsa ke rumah mereka di Israel (Yisyeyah 11: 11-12; Yirmiyah 23: 8; 30: 3; Hosye'a 3: 4-5)... Hukum Jubilee akan dipulihkan...

dalam Olam Ha-Ba, seluruh dunia akan mengakui Adonay sebagai satu-satunya Tuhan yang benar dan agama Yahudi sebagai satu-satunya agama yang benar (Yisyeyah 2: 3; 11: 10; Mikhah 4: 2-3; Zekharyah 14: 9)... tidak akan ada lagi pembunuhan, perampokan, persaingan, atau kecemburuan... dan tidak akan ada dosa (Tsefanyah 3: 13)... pengorbanan akan terus berkelanjutan di Bait Allah, tetapi ini akan terbatas pada persembahan syukur, karena tidak akan ada lagi persembahan kebutuhan....

beberapa orang kafir telah berusaha untuk menempatkan spin yang jelek pada theologi ini, menyatakan bahwa ada rencana busuk orang Yahudi untuk memaksa orang untuk memeluk agama Yahudi, mungkin berdasarkan sejarah agama sendiri melakukan hal yang persis sama... padahal mengenai masyiyakh sama sekali tidak menunjukkan adanya unsur pemaksaan agama... orang-orang Yahudi percaya bahwa di masa mendatang, semua orang akan hanya tahu kebenaran mutlak, dengan cara yang sama yang kita tahu bahwa 2+2 = 4, dan tidak akan ada lagi alasan untuk berdebat soal itu...

BAGAIMANA DENGAN YESUS?

Orang Yahudi tidak percaya bahwa Yesus adalah masyiyakh dengan asumsi bahwa nubuatan yang dikisahkan Injil mengenai Yesus seolah-olah dibuat-buat, tetapi pada kenyataannya Yesus tidak melakukan salah satu dari hal-hal yang akan dilakukan masyiyakh (nubuatan mesias) dalam Perjanjian Lama...

sebaliknya, orang Yahudi lain yang lahir sekitar satu abad kemudian lebih percaya seseorang yang memiliki sifat mesianis lebih daripada Yesus yaitu Syim'on ben Qosyba, yang dikenal sebagai Bar Kokhba (anak dari bintang), dan dia adalah seorang kharismatik, brilian, dan panglima perang brutal... Rav Akiba, salah satu sarjana terbesar dalam sejarah Yahudi, percaya bahwa Bar Kokhba adalah masyiyakh karena Bar Kokhba berperang melawan Kekaisaran Romawi, menangkap Kesepuluh Legiun dan merebut kembali Yerusalem... dia melanjutkan pengorbanan di tempat Bait Allah dan membuat rencana untuk membangun kembali Bait Allah... dia mendirikan pemerintahan sementara dan mulai mengeluarkan koin dalam namanya... ini adalah apa yang orang-orang Yahudi imani tentang masyiyakh, Yesus dengan jelas tidak sesuai dengan keimanan itu... pada akhirnya, bagaimanapun, Kekaisaran Romawi dihancurkan-Nya dan membunuh pemberontakan Bar Kokhba... setelah kematiannya, semua mengakui bahwa ia bukan masyiyakh...

berikut ini adalah ayat-ayat dalam Alkitab mengenai konsep masyiyakh sesungguhnya:
  1. Yisyeyah 2, 11, 42; 59: 20
  2. Yirmiyah 23, 30, 33; 48: 47; 49: 39
  3. Yekhezqel 38: 16
  4. Hosye'a 3: 4-5
  5. Mikhah 4
  6. Tsefanyah 3: 9
  7. Zekharyah 14: 9
  8. Daniyel 10: 14

0 komentar to “Ideologi agama Yudaisme IV”

Posting Komentar

Five-Star Ratings Control

 

Levi Yamani Copyright © 2011 -- Template created by O Pregador -- Powered by Blogger